Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Cara Membuat Jus, Sirup, Dodol & Limun Buah Kawista Cola Van Java

aduk dodol kawista

BUAH KUSTA / KAWISTA

Dulu, waktu saya masih kecil, kalau main ke rumah kakek saya di desa Tempel, Kec.Lelea, Kab.Indramayu sering diajak makan buah ini. Namanya buah kusta, tapi bukan penyakit kusta, lho...

Kalau banyak orang tak kenal buah kawista memang wajar. Karena buah yang satu ini sudah tergolong bua langka. Di Desa Tempel, Lelea dulu masih banyak dijumpai.

Pohon kusta mampu hidup di daerah kering dan kurang air. Kulitnya keras berwarna coklat kehijauan dan bersisik. batangnya berduri. saking kerasnya, bila jatuhpun buah ini tak akan pecah. Makanya, cara membukanya mesti ditumbuk pake batu. Bila sudah masak, daging buahnya berwarna coklat kehitaman. Kalo sudah masak baunya sangat semerbak.

Tapi sayang, banyak orang yang belum tahu manfaat buah ini, selain sebagai bahan pembuat dodol. Padahal, negara Kamboja sudah mengekspor buah ini ke negara Amerika, Finlandia dan Jepang, sebagai bahan minuman cola, juga sebagai bahan tonikum.

Harga buah kawista di wilayah Surabaya 20rb dapet 3. Di Sumbawa banyak, biasa beli 2000-5000 1.

buah kawista matang

Kawis / Kawista, merupakan buah langka ga semua daerah ada, pohonnya mirip pohon asem londo, bentuk buah seperti batu, tapi dalemnya bila sudah tua mirip terasi tapi wangi dan rasanya manis keaseman. Paling enak dibuat es, jus atau dimakan sama gula. Kalo mau bikinlah madu mongso/dodol.

Cara Membuat Jus Buah Kawista
Buah Kawista dipecah, lalu keruk isinya yang coklat kehitaman. daging lunaknya lalu blender dengan gula pasir & air.

jus buah kawista mateng

Cara Membuat Syrup Buah Kawista
Untuk membuat sirup Kawista caranya sama seperti kalau mau membuat jus, tapi ada tambahan proses selanjutnya yaitu disaring, kemudian tambah air dan gula lagi rebus.

Gini, untuk membuat sirup kawista cukup kita pilih buah yang matang, yang sudah gogrok (apa ya, sudah jatuh dari pohonnya)... nah kita keluarkan deh itu buahnya dengan cara dikerok... terus, kita blender saja buahnya dengan gula dan air dengan perbandingan 1;1:1... saring dan rebus... saring pakai kain bila perlu biar sirup bersih dari ampasnya.... kalau aku, ini kalau aku ya, aku lebih suka gulanya pakai gula palem,... cuma jatuhnya kalau buat jualan mahal... hehehe

Pengolahan sirup kawis tahap pertama : dikeruk daging buahnya nih....

mengeruk-buah-dagin-kawista


Cara Membuat Minuman Limun / Cola Van Java Buah Kawista
Kawista matang dibelah, dikerok, campur gula dan air secukupnya, Kemudian dimasak sampai mendidih. Kalau pengen seger dan dingin bisa disajikan dengan es batu. Walau tanpa soda tapi minuman ini mirip cola, makannya dinamakan cola van java karena dari jawa.

Cara Membuat Madu Mongso / Dodol Kawista
Buah Kawista cuma dicampur sama gula pasir saja lalu aduk terus di atas wajan sampai tercampur hingga kesat dan matang.. sebelum diangkat campurkan agar2 biar lebih merekat.. aduk lagi hingga matang sempurna.... setau saya gitu waktu Mamah bikin lempog/dodol kawista mah. Tapi coba tanya ke yang suka bikin dodolnya.. hehee

Semoga bermanfaat, bunda2 boleh menambahkan Cara Mengolah Buah Kawista di komen ya... terima kasih.


membungkus dodol buah kawista

Post a Comment for "Cara Membuat Jus, Sirup, Dodol & Limun Buah Kawista Cola Van Java"