Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
CODE
...

Ternak Tawon Madu Cara Mendapatkan Hasil lain dari Kebun Buah Salak

 bunga tawon

Orang jarang yang tahu kalau tanaman salak itu ada yang jantan dan bentina, sedangkan orang yang tahupun tidak tahu secara dini kalau masih bibit apalagi di tanam dari biji. Orang baru mengetahui bedanya setelah mulai berbunga.

Salak jantan adalah salak yang hanya menghasilkan bunga saja, sedangkan salak betina dapat menghasilkan buah. Baik melalui penyerbukan silang maupun sendiri.

Sebenarnya salak betina dapat berbuah tanpa ada salak jantan disekitarnya karena salak bentina ada bunga jantannya namun sedikit sekali jadi buahnya tidak optimal..

Bagi pekebun salak pasti tahu namun karena mereka tahu seharusnya, berbuatlah sesuatu yang menguntungkan seperti pada tanaman lain yang bisa di tumpangsarikan.

rumah lebah madu

lebah madu

lebah madu

Kalau khusus salak mungkin hanya bisa dengan kelapa.

Karena itulah pada tahun 1986 saya memberanikan diri memperkenalkan penyerbukan dengan tawon madu. Kenapa dengan tawon madu?... karena kita tahu salak perlu penyerbukan bantuan untuk mendapatkan buah yang optimal .

Maka dengan cara berternak tawon madu pada kebun salak akan mendapatkan hasil madu juga.

Waktu itu saya beri gagasan di daerah Arso Sp 3, Jayapura , sedangkan petaninya orang-orang Makasar.

Nah itulah cara kita untuk meningkatkan hasil kebun dan hasil sampingan. Semoga menjdi bahan pemikiran pelaku pekebun salak.

Post a Comment for "Ternak Tawon Madu Cara Mendapatkan Hasil lain dari Kebun Buah Salak"